Rahasia Dibalik Mewahnya Suara di VW Golf ini

Rahasia Dibalik Mewahnya Suara di VW Golf ini

0 shares

Rahasia Dibalik Mewahnya Suara di VW Golf ini

CAR AUDIOCAR AUDIO SYSTEM March 23, 2018 admin 0

Car Audio System252 Mega Audio18 VW1

 Post Views: 178

Kabinnya terbilang kecil, namun audionya terdengar mewah ditelinga. Apa rahasianya ?

Amoplus Magazine – Audio di VW Golf ini merupakan buah karya dari salah satu workshop kenamaan yang berlokasi di bilangan Jakarta Barat, Mega Audio. Sekilas tampilannya memang nampak standard, tak jauh berbeda dari mobil-mobil serupa pada umumnya. Namun siapa sangka jika di bagan dalamnya ia memiliki sistem audio yang mumpuni.

frontsystem

Mobil ini telah ditanami audio bergenre SQ. Sedikit berbeda dari mobil-mobil garapan Mega Audio sebelumnya, VW Golf ini telah mengadopsi system bernuansa Hi-Res. Tak perlu kaget bila mendengar suara yang tersaji di bagian dalamnya. Berkat peranan dari perangkat Hi-Res yang terpasang, suara dari sistem audio di mobil ini menjadi lebih terasa mewahnya.

Tweeter

Untuk komposisi perangkat, perbedaan paling mencolok terlihat pada speaker depan. Awalnya kami kira speaker depan mobil ini menggunakan komposisi 3way. Namun setelah ditelisik lebih jauh ternyata sepasang super tweeter Sony tersemat di bagian atas pilar A. Johny Chandra selaku installer sekaligus empunya Mega Audio memberikan alasannya kenapa ia menempatkan super tweeter di posisi tersebut. “Saya sudah coba di beberapa posisi, dan untuk mobil ini saya rasa posisi yang bisa dikatakan paling pas adalah di posisi ini, dengan begini suara juga jadi tidak turun”, tukasnya.

FullRange

Dibawah super tweeter ada tweeter Focal Beryllium dan midrange Venture. Mereka sama-sama ditempatkan di pilar A. Sementara itu untuk midbass ditaruh diposisi standard-nya, yaitu pada trim pintu depan. Midrange dan tweeter pada mobil ini dipasangkan dengan posisi off axis. Sedangkan untuk midbass “rumah” barunya kini sedikit dimodifikasi menggunakan baffle, guna mendapatkan hasil suara di frekuensi yang lebih rendah.

Amplifier

Subwoofer

Untuk mensuplay daya ke speaker-speaker yang terpasang, ada tiga amplifier Mosconi diaplikasikan pada mobil ini. Dua adalah seri Zero 4, yang dipergunakan untuk mendrive speaker depan (super tweeter, tweeter, midrange, midbass), dan satu seri Zero 3 untuk menghidupkan subwoofer. Ketiganya ditempatkan di bagian belakang. Pembubuhan sedikit kosmetik dilakukan untuk mempercantik tampilannya.

Amplifier-2

Slot prosesor diisi oleh Mosconi Gladen 8to12 Aerospace, Sedangkan untuk mainsource-nya dipercayakan pada Pioneer DEX-P99RS dan unit sony Hi-Res.

HU

Controler

Sebelum perangkat-perangkat baru dinaikan, beberapa titik pada VW Golf ini diberikan peredaman. Peredam yang digunakan adalah STP Aero. Selain membuat suasana lebih senyap, peredaman dilakukan guna membuat mobil lebih rigid.

Car

VW Golf ini sejatinya merupakan mobil jenis hatchback yang notabene memiliki volume ruang tak terlalu besar. Namun dengan audio seperti ini justru membuatnya jauh terasa lebih megah. Kepiawaian sang installer dalam meracik sistem juga patut diacungi jempol. Dalam hal ini ia berhasil membuat sebuah sistem yang benar-benar terdengar “wah” ditelinga.

Skema